Foldable shopping bag bahan parasut - Garuda Indonesia

Saat ini, ada banyak marketing tools yang dapat digunakan untuk menarik perhatian orang-orang pada merek Anda. Namun, ada metode yang sangat efektif dalam hal itu, beriklan melalui media souvenir atau promotional items, atau dikenal dengan istilah souvenir advertising, adalah salah satunya. Souvenir menghadirkan perasaan yang positif dari audience atau target Anda, karena itu lah metode ini menjadi alat periklanan yang efektif dan tertarget.

Dalam souvenir advertising, dilakukan distribusi produk souvenir yang memuat informasi iklan dalam bentuk teks atau gambar, dan bahkan seluruh bagian dari produk itu dapat menjadi iklan dengan menggunakan warna yang mencitrakan brand perusahaan. Produk souvenir yang memuat konten iklan ini juga dikenal dengan sebutan promotional items. Promotional items adalah salah satu alat pemasaran yang sangat diperlukan untuk meningkatkan citra perusahaan sekaligus menjalin relasi. Produk ini diberikan kepada pembeli potensial sebagai hadiah, menunjukkan sikap penuh hormat (respectful) dan keramahan (friendly) dari brand terhadap pelanggannya.

Kelebihan dari Souvenir Advertising

1. Kontak langsung secara berkesinambungan dengan konsumen (constant contact)

Souvenir meningkatkan brand-loyalty dan brand-recognition. Hal ini disebabkan produk promotional items ini bermanfaat secara fungsional dan secara aktif digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, produk souvenir yang memuat konten iklan ini juga didistribusikan ke target audiens yang ditentukan dengan jelas atau spesifik.

Anda dapat mengirimkan gift set box kepada orang-orang yang Anda targetkan, dimana Anda telah mengetahui profil, karakter personal, kesukaan mereka, dan hal lainnya yang relevan sehingga souvenir yang Anda kirim dibuat dan dikustomisasi sesuai data tersebut yang membuat Anda yakin mereka akan senang dan menggunakannya secara terus-menerus.

Saat sebuah produk souvenir advertising digunakan terus-menurus dalam kehidupan sehari-hari, maka ‘pesan iklan’ Anda dapat masuk ke bawah sadar atau dikenal sebagai subliminal message. Secara langsung atau tidak, akan mempengaruhi persepsi positif mereka terhadap brand Anda dan mendorong pembelian.

Misalnya, apabila Rumah Sakit atau lembaga kesehatan memberikan souvenir scrub caps (topi dokter / perawat) bagi para dokter dan perawat di tempat mereka, scrub caps tersebut akan terus – menerus mereka gunakan dalam menjalankan aktivitas profesional sehari-hari. Hal ini secara bawah sadar dapat mempengaruhi persepsi positif terhadap brand rumah sakit, klinik, atau institusi kesehatan tempat mereka bertugas, brand-loyalty akan semakin terbangun.

Topi Dokter Nuclear Medicine MRCCC Siloam Hospital
Topi Dokter Nuclear Medicine MRCCC Siloam Hospital
dr. Rian, speasialis nuclear medicine di MRCCC Siloam dengan Topi Dokter (Scrub Cap) Custom bermotif Batik Megamendung
dr. Rian, Dokter Spesialis Nuclear Medicine di MRCCC Siloam dengan Topi Dokter (Scrub Cap) Custom bermotif Batik Mega Mendung
2. Kenang-kenangan (memorability) baik yang tak berbatas

Hadiah yang Anda berikan bagi calon konsumen mampu meningkatkan kemungkinan mereka untuk memilih brand Anda.

Contohnya di suatu acara launching produk, dimana Anda mengundang orang-orang tertentu yang dianggap menjadi pemengaruh atau influencer terhadap pembelian produk Anda. Souvenir yang Anda berikan secara tidak sadar akan memberikan kesan atas momen tersebut. Momen yang natural akan menyampaikan pesan iklan secara natural pula, dan biasanya lebih membekas di pikiran audiens.

3. Memunculkan perasaan positif dari konsumen

Anda secara simultan meningkatkan audiens Anda dan menciptakan impresi positif tentang diri Anda sendiri. Basis atau media iklan pada souvenir advertising ini adalah produk yang sesuai dengan karakter konsumen dan memiliki manfaat. Produk souvenir lalu dibubuhkan logo, didesain, dan diproduksi sesuai identitas brand Anda. Distribusi dari produk souvenir advertising kemudian dilakukan kepada target audiens dari brand Anda yang telah ditetapkan sebelumnya secara jelas. Melalui marketing tools ini, citra positif perusahaan dapat dibentuk.

Souvenir pouch dari brand Coca-Cola
Souvenir pouch dari brand Coca-Cola

Tim B-ORI Advertising Berpengalaman Memproduksi Souvenir Berkualitas

Tim B-ORI Advertising telah berpengalaman lebih dari 7 tahun dalam menangani produksi souvenir advertising. Pekerjaan yang terkoordinasi dengan baik dan komunikasi yang lancar kepada klien kami terkait pemenuhan pesanan, memungkinkan kami untuk menghasilkan media promotional items yang berkualitas dan sesuai ekspektasi klien.

Selain itu, pemahaman kami terhadap digital marketing yang merupakan sarana marketing kekinian, membuat kami memahami dan dapat memadukan souvenir advertising dengan digital marketing sebagai salah satu strategi omni-channel bagi brand Anda. Kami termasuk dalam Legal Marketing Companies di DesignRush.

Tips Memilih Souvenir Perusahaan

Tinggalkan Balasan