Menggunakan jaket waterproof saat hiking

Gore-Tex adalah sebuah brand atau merek terdaftar untuk membran kain waterproof dan breathable milik perusahaan W. L. Gore & Associates, Inc. di Amerika Serikat. Kain Gore-Tex dapat menolak air (waterproof) yang jatuh /mengalir di atasnya namun tetap dapat melewatkan uap air menembusnya (breathable). Selain itu, kain Gore-Tex juga dirancang agar bersifat ringan dan tahan di segala cuaca.

Penjelasan Karakteristik dan Kegunaan Bahan Gore-Tex

Sejarah Pembuatan

Sejarah merek Gore-Tex dimulai sekitar enam dekade lalu, persisnya tahun 1959. Dimulai ketika Wilbert L. (Bill) Gore dan Genevieve (Vieve) Gore mendirikan perusahaan baru di ruang bawah tanah dari rumah mereka di Newark, Delaware. Bill memutuskan berhenti dari pekerjaannya saat itu di Dupont untuk melakukannya, setelah menemukan apa yang dia yakini sebagai potensi besar dari polimer sintetis PTFE (polytetrafluoroethylene), atau lebih akrab di telinga kita dalam merek yang didaftarkan Dupont: Teflon.

Kemudian putra mereka Robert W. Gore atau lebih dikenal dengan Bob Gore, yang telah meraih Ph.D. dalam Teknik Kimia (Chemical Engineering) pada tahun 1963 dari University of Minnesota, membuat penemuan inovatif pada tahun 1969 di mana ia berhasil menemukan bahwa polimer PTFE dapat diregangkan.

Bob Gore yang sedang mendemonstrasikan PTFE yang direnggangkan (ePTFE).
Gambar: courtesy of W. L. Gore and Associates

Dalam penelitiannya, alih-alih secara pelan-pelan meregangkan bahan PTFE yang telah dipanaskan, Bob Gore melakukan tarikan secara tiba-tiba dan dipercepat. Material PTFE padat tersebut secara tak terduga meregang sekitar 800%, membentuk struktur mikropori yang mengandung sekitar 70% udara. Polimer PTFE yang dapat diregangkan ini disebutnya dengan istilah expanded-polytetrafluoroethylene atau ePTFE, yang kemudian diperkenalkan ke publik dengan nama Gore-Tex. Tujuh tahun kemudian, penjualan pertama kain Gore-tex dilakukan.

Mekanisme Kerja Membran Kain Gore-Tex

Teknologi membran Gore-Tex dalam aplikasinya.
(Gambar: Wikimedia)

Setiap inchi persegi membran Gore-Tex memiliki sembilan miliar pori-pori. Masing-masing lubang kecil ini berukuran 20.000 kali lebih kecil dari tetesan air. Itulah yang membuat membran di semua produk aslinya jadi tahan air, bahkan hujan serta salju tidak bisa masuk.

Namun kelebihannya tidak berhenti di situ, membran Gore-Tex yang mampu memblokade tetesan air ini ternyata tetap mampu melewatkan uap air menembusnya. Pori-pori membran berukuran 700 kali lebih besar dari molekul uap air. Hal ini tentu sangat berguna agar uap keringat tidak tertahan di dalam jaket yang menyebabkannya terasa pengap, lembab, dan tidak nyaman. Jadi meskipun anti-air (waterproof), dengan kain Gore-Tex tubuh kita tetap bisa bernafas (breathable).

Video penjelasan mekanisme kerja membran kain Gore-Tex

Selain itu, membran Gore-Tex juga tahan angin (windproof). Tidak masalah jika Anda sedang touring sepeda motor, melaju di jalur sepeda gunung, berlari di sepanjang garis pantai, atau berjalan pulang di antara gedung-gedung tinggi pada malam hari, jaket berbahan Gore-Tex yang windproof ini akan memblokade angin agar tidak membuat suhu tubuh Anda menurun atau membuat masuk angin.

Kegunaan dan Pengaplikasian Teknologi Membran Gore-Tex

Mengingat membrannya sedemikian tipis sekitar 0,01 mm, Gore-Tex cocok digunakan untuk membuat pakaian dengan kualitas performa tinggi. Anda dapat menemukan Gore-Tex dalam berbagai macam produk fashion terkini. Misalnya menjadi bahan jaket outdoor, jaket windproof sepeda, sarung tangan, celana, sepatu, boots, dan masih banyak lagi. Tentu, sebelum diedarkan di pasaran, pakaian khusus yang berbahan Gore-Tex perlu diuji coba terlebih dahulu.

Jacket Berghaus Ridgemaster Hydroloft Red Gore Tex Original
Sepatu Nike Zoom Pegasus Trail 2 Gore-tex Blue Grey
Sarung Tangan Consina Goretex Windstopper Gloves

Berikut adalah beberapa pengaplikasian teknologi membran Gore-Tex.

1. Gore-Tex Garments

Gore-Tex Garments adalah bahan tekstil serbaguna yang dapat dimanfaatkan untuk semua jenis aktivitas. Baik itu untuk tujuan mendaki gunung hingga pakaian sehari-hari, penggunaannya bisa ditemukan dalam berbagai situasi. Pakaian yang tahan angin (windproof), tahan air (waterproof), dan bersifat tahan lama (durable). Bahkan konstruksi pakaian dapat didesain menjadi konstruksi dua atau tiga lapisan (Gore-Tex 2-layers or 3-layers), tergantung pada kegunaannya.

Gore-Tex 2-layer; Gore-Tex 2-layer dengan Insulator untuk menambah proteksi suhu tubuh; dan Gore-Tex 3-layer (image: courtesy of Gore-Tex)

2. Gore-Tex Pro

Gore-tex Pro dirancang agar kokoh, awet, sekaligus mampu memberikan proteksi yang bertahan lama untuk penggunaan jangka panjang pada situasi ekstrem. Gore-Tex Pro adalah untuk para profesional dalam spetualangan/penjelajahan alam bebas dan penggiat kegiatan outdoor yang serius. Digunakan saat sedang mengambil bagian dalam aktivitas ekstrem dan menghadapi kondisi medan yang berat, seperti pendakian gunung es selama beberapa hari (mountaineering), panjat tebing (rock climbing) pada lingkungan bersuhu rendah, pemanjatan es (ice climbing), aktivitas ski yang ekstrem (freeriding), dan kegiatan berburu (hunting).

Gore-Tex Pro 3-layer bagi profesional dalam petualangan alam bebas, yang membutuhkan proteksi lama untuk aktivitas ekstrem pada medan yang berat (image: courtesy of Gore-Tex)

3. Gore-Tex Performance

Kata kunci Gore-Tex Performance adalah “lasting breathability“. Gore-Tex Performance dirancang untuk aktivitas petualangan di lingkungan yang basah, bahkan sangat basah, seperti aktivitas penjelajahan taman nasional berhari-hari dalam hujan yang deras, atau menghadapi musim salju yang lebat. Gore-Tex Performance bersifat sangat breathable, dan breathability ini tetap tahan dalam guyuran hujan deras atau salju yang terus menerus.

Trekking saat hujan deras

4. Gore-Tex Paclite & Paclite-Plus

Gore-Tex Paclite dirancang untuk mudah dikemas (packable) dan tidak bulky, untuk penggunaan sehari-hari saat commuting ke kantor, atau saat berjalan-jalan di waktu weekend. Desainnya yang ringan, anti-angin (windproof), memudahkan untuk dibawa-bawa dalam aktivitas yang tidak membutuhkan proteksi anti-air yang tinggi. Selain itu, Gore-Tex Paclite juga dirancang dengan stretch technology agar memudahkan dan nyaman saat bergerak di antara kerumunan orang atau tempat-tempat yang cukup sempit di kota.

Selain Gore-Tex Paclite, terdapat juga Gore-Tex Paclite Plus yang ringan dan mudah dikemas, namun dengan tambahan proteksi sehingga dapat dijadikan cadangan atau lapisan pakaian tambahan saat hiking atau trekking ke gunung.

Naik sepeda ke kantor memakai jaket windproof.

5. Gore-Tex Shakedry

Pada Gore-Tex Shakedry, membran Gore-Tex yang biasanya ditempatkan di bawah lapisan terluar atau disebut lapisan DWR (Durably Water Repellent), pada tipe ini ditempatkan paling luar. Sehingga hal ini akan membuat Gore-Tex Shakedry bersifat sangat ringan. Namun, pengguna jaket Gore-Tex Shakedry perlu sedikit menggoyangkan jaketnya agar hujan yang jatuh di jaket dapat mengalir. Tipe ini juga bersifat anti-angin.

6. Gore-Tex Active

Gore-Tex Active bersifat sangat breathable dan ringan, sehingga cocok digunakan untuk aktivitas yang cepat dan menguras keringat (fast-paced), aerobik tinggi, dan hanya dilakukan dalam sehari.

7. Gore-Tex Infinium Windstopper

Gore-Tex Infinium merupakan jenis produk baru dari Gore-Tex yang merupakan pakaian performa tinggi namun non-waterproof, untuk kebutuhan pakaian yang tidak membutuhkan ketahanan terhadap air. Untuk produk windstopper, merupakan pakaian anti-angin (windproof) yang sangat ringan dan stylish.

Pembuatan Souvenir Perusahaan Menggunakan Bahan Gore-Tex

Selain untuk jaket, pakaian, sepatu, dan sarung tangan, bahan kain Gore-Tex juga dapat digunakan untuk produksi souvenir perusahaan, yang tentunya akan membuat souvenir ini memiliki high-value dan eksklusif.

B-ORI Advertising telah pernah mengaplikasikan bahan Gore-Tex menjadi souvenir perusahaan berupa produk topi eksklusif dengan bentuk yang mendekati model fedora dengan warna yang disesuaikan dengan corporate color. Selain itu, bahan kain Gore-Tex juga dapat dibuat menjadi jaket windbreaker untuk karyawan, atau giveaway dalam event, yang dapat ditambahkan logo perusahaan.

Souvenir Perusahaan Ekslusif Topi Rimba Goretex
Souvenir Perusahaan Ekslusif Topi Rimba Goretex
Topi premium berbahan Gore-Tex
Topi premium berbahan Gore-Tex
packaging topi premium berbahan Gore-Tex
Packaging topi premium berbahan Gore-Tex

Itulah penjelasan lengkap dan kegunaan bahan Gore-Tex, sangat bermanfaat sekali bukan? Kain yang awet, tahan angin, tahan air, dan mampu melewatkan uap air atau breathable. Cocok dipakai dalam segala situasi, jadi sangat berguna dan memiliki nilai yang tinggi (high-value) jika Anda memilikinya.

Tinggalkan Balasan